Kebutuhan Home Studio Record

Dengan semakin canggih dan telitinya teknologi digital, serta terjangkau dari sisi ekonomi, anda akan dipermudah akan keadaan ini. Pada gambar: adalah studio rekaman rumahan saya. Disana ada PC (Personal Komputer), Mixer 8 chanel untuk kebutuhan take music lebih dari satu instrument, Microphone jenis shure.
Ruangan yang saya pakai sebenarnya belum memenuhi standar untuk studio rekaman sebenarnya. Belum ada unsur redaman di dalamnya. Jadi anda ditutntut untuk memaksimalkan keadaan sehingga pekerjaan musik anda bisa maksimal.
Sebenarnya keadaan ruangan akan sangat mempengaruhi ouput yang diinginkan. Jika saja anda bisa membuat redaman yang maksimal, dalam artian pemantulan ruangan diminimalkan, anda akan menemui ouput yang maksimal juga. Karena jika redaman kurang dalam ruangan take, maka suara akan terdengar menggema pada speaker monitor. Suara yang di take harus terdengar kering/nyaris tanpa gema. Nanti pada saat proses editing anda bisa memberikan efek gema seperti reverb dll. Untuk kebutuhan mixer, jumlah chanelnya disesuaikan saja dengan kebutuhan take musik anda. Mixer secara bahasa mempunyai fungsi untuk mencampur input dan kemudian menjadikannnya hanya satu suara saja. Selain itu mixer-mixer zaman sekarang telah berfungsi ganda, mixer juga berfungsi sebagai equalizer dan amplifier mini. Meskipun pada idealnya anda tetap butuh equalizer dan amplifier tersendiri di luar mixer tad.. Namun jika begitu, anda akan membutuhkan dana yang cukup besar untuk membelinya.
Untuk kebutuhan soundcard pada PC, saya memakai Onboard soundcard PC yang memang sudah disertai pada paket PC yang anda beli.
Pada bagian software pengolah suara, anda bisa memiliki banyak pilihan untuk bagian ini dan cukup terjangkau. Ada beberapa jenis software yang saya sudah ujicobakan di lab audio saya. Mulai dari Adobe Audition, Nuendo, fruity loop. wavelab , semua memiliki kelebihan masing-masing dan akan sangat tergantung pada keahlian sipengguna dalam memaksimalkannya. Sekian dulu yah semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

Thanks and thanks for all