Penyebab Noise dan Cara Mengatasi

Noise " derau atau gangguan yang mengakibatkan suara tak enak untuk di dengar. Noise juga bisa diartikan suara atau gelombang/sinyal yang tak diinginkan. Saya menggaris bawahi kata yang tak diinginkan . 
Jika sering mendapati situasi seperti ini, ada beberapa pengalaman menarik dari kami dalam menaklukkan noise dengan alat sederhana. Sekedar gambaran kami mempunyai studio kamar dengan alat sederhana juga. Kami hanya bermodalkan microphone  SM58 shuren Mixer 4 chanel Merk Behringer dan gitar akustik nylon yang dikoneksi antara mixer dengan soundcard standar pada Personal Computer/Laptop.
Dalam pengertian diatas kita mendapati bahwa noise adalah suara yang tak diinginkan, suara itu kemudian tercampur dengan suara yang ingin anda inputkan. Mari kita deteksi wilayah frekuensi dari noise tersebut, biasanya noise terdengar seperti suara mendesis. Suara yang tipis dan pastinya frekuensinya rapat atau dari range frekuensi middle dan high. Jadi mari kita stel frekuensinya' frekuensi tinggi di turunkan sedkit. Itu adalah salah satu cara, noise disebakan oleh banyak hal.
Noise juga terjadi karena kabel dan jack audio anda kurang rapat/bagus sambungan/koneksinya. Cara mengatasinya : buka ulang sambungan dan solder dengan rapi. atau ganti dengan kabel yang baru dengan kualitas menengah, banyak kok dijual di toko-toko elektronik terdekat.
Noise juga diakibatkan oleh Ground/pentanahan instalasi listrik rumah anda kurang bagus. Cara mengatasinya tentu dengan mengganti kabel/elemen pentanahan instalasi rumah anda. Baca: Grounded
Noise yang satu ini disebut juga gangguan suara dari lingkungan anda. Ruangan yang tak mampu meredam suara luar dengan baik. Suara angin dapat masuk ke dalam tankapan microphone anda. Oleh karena itu ruangan harus dipenuhi dengan unsur kedb suara.

Tim Audio : TicTacPro
Penulis       : Suhud Madjid

No comments:

Post a Comment

Thanks and thanks for all