Adobe Audition Untuk Pengukuran Frekuensi”


Frekuensi adalah istilah dalam ilmu-ilmu fisika sangat erat kaitannya dengan gelombang. Di dalam musik (seni) di identikkan dengan nada. Nada adalah bunyi yang teratur. Teratur dalam artian di standarkan atau telah disepakati bersama secara global.  Dalam seni musik anda mungkin sering mendengar tangga nada berikut ini berikut dengan nama chord.
Do re mi fa sol la si do dan A, B, C, D, E, F, G,
Ada tujuh tangga nada yang kita kenal secara umum (Mayor). Berapakah nilai frekuensi untuk masing-masing nada standar tersebut?... Satu atau bahkan ribuan pertanyaan akan timbul di benak kita. Di sinilah anda dituntuk untuk menghubungkannya dengan frekuensi karena hanya dengan itu anda dapat mengukur dan menyamakannya dengan bunyi-bunyi lain, agar musik terdengar menyatu.
Apakah hanya instrument musik saja yang bisa diukur frekuensinya? Tentu tidak. Apapun yang menimbulkan geombang dan beresonansi, dapat diukur sejauh dapat tertangkap oleh alat anda. Alat itu seperti Microphone sebagai alat yang mendeteksi adanya gelombang dan merubahnya menjadi suatu denyut-denyut listrik.
Telah berbagai karya seni musik akan sangat unik dan tak monoton jika anda melakukan pengukuran ini. Dengan melakukan pengukuran frekuensi berarti anda sedang melakukan penyesuaian atau pendekatan antara instrument satu dengan lainnya agar menghasilkan perpaduan bunyi yang bernuansa.
Contoh Kasus;;;
Jika anda ingin menyatukan steman gitar dengan bunyi resonansi pada gelas. Bunyi pada gelas pada dasarnya tak bisa dirubah tinggi rendah nadaya/frekuensi, namun gitarlah yang akan mengikuti nada/frekuensi dari gelas tersebut.
1.       Lakukan pengukuran untuk frekeunsi pada gelas anda, berapa besar frekuensi yang anda dapatkan untuk bunyi gelas tersebut.
2.       Sesuaikan dengan frekuensi/nada pada gitar anda
3.       Cari alat dan bahan untuk melakukan pengukuran
Alat dan Bahan yang diperlukan untuk pengukuran
1.       Software analisis audio (Adobe Audition)
2.       Micrphone sebagai alat input sinyal analog
3.       PC/Lapto sebagai alat procesing sinyal
4.       Speaker untuk mendengar/monitor suara yang keluar

Adobe Audition

Adobe audition adalah salah satu software yang banyak digunakan untuk mereka musik. Selain itu software ini memiliki kelebihan unik yang jarang di manfaatkan yaitu menganalisis nada pada instrument yang berbunyi. Coba saja dekatkan pada microphone, instrumen anda maka software Adobe Audition akan segera mendeteksi nadanya. Bahkan suara vokal manusia akan segera terdeteksi range/wilayah nadanya. Canggih bukan...
Berikut link video untuk belajar lebih lanjut, sekian dan terimakasih. “tulisan ini adalah kumpulan pengalaman saya dalam mengutak atik beberpa perangkat audio. SUHUD Madjid.

No comments:

Post a Comment

Thanks and thanks for all