Musik Dan nUansa

Dengan memakai beberapa cara kerja ilmu antropologi maka anda pun dapat memperkirakan setiap perubahan yang terjadi. Sekarang saya bermaksud mengemukakan tentang suasana atau nuansa yang terbentuk dari musik. Musik hingga sekarang ini telah mengalami berbagai fase, Instrument musikpun demikian adanya jua.
Kita dapat berpendapat bahwa; perubahan makna dan nuansa pada musik sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Kisah-kisah para orang tua harus dipelajari sedemikian rupa. Bagaimana mereka mencipta kecapi dan bentuknya hingga sekarang. Bentuk kecapi menyerupai perahu dari nelayan. Artinya dulu banyak dimaini oleh orang=orang pesisir /kaum-kaum yang berlingkungan perairan. Betapa musik itu sangat terkait erat dengan segala perubahan pada masyarakat.
Nuansa yang anda dapati kemudian terasa berubah jika bahan-bahan dan teknik memainkan alat musik juga sudah berbeda.  Kecapi mungkin ketika masa awal penciptaannya, tidaklah sesimpel sekarang. Sekarang Snarnya terbuat dari bahan tambang  dan telah diproduksi massal. Mereka. para pemain kecapi tentulah sudah berubah. Siapa sangka, jika dahulu snar kecapi mungkin tak trbuat dari bahan besi/baja melainkan dari sekitar alam saja. Seperti memanfaatkan daun-daun pohon nyiur kelapa, dan kemudian dibelah secara tipis agar resonansi pada tabung kecapi pun bisa maksimal. Suhud Madjid

No comments:

Post a Comment

Thanks and thanks for all