Teknik Merekam Yang Baik

 
Merekam lagu atau sering juga disebut take lagu atau musik. Ada banyak cara untuk mendapatkan rekaman lagu yang bagus , yang sesuai dengan keinginan anda. Saya sedikit ingin membagi pengalaman dalam dunia rekam merekam lagu.
Saya memulai proses merekam lagu dari zamannya komputer pentium 3. Software Adobe Audition saja masih bernama Cool Edit Pro. Sampai sekarang semuanya sudah pada canggih dan digital. Berikut alat-alat yang anda butuh untuk menyatakan imajinasi musikanda:
1.Komputer/Laptop
2 Microphone untuk mengambil suara vokal atau instrument sejenis gitar dan perkusi.
3.Seperangkat jack dan kabel Audio
4.Mixer mini cukup untuk menalangi 4 chanel
dan pendengaran yang bagus.
Biasanya dalam merekam itu anda akan membutuhkan metronome sebagai guide/pemandu bit , agar musik terdengar teratur. Anda perlu latihan menggunakan alat ini. Semua jenis sofware audio menyediakan fasilitas metronome.
Anda juga sedikit banyaknya harus tau istilah musik seperti bit dan bar atau birama. Nah ini yang saya mau jelaskan agar musik anda teratur dan keren. Jika anda membuat musik, anda tentu memiliki Bar atau birama yang hampir sama. Yang harus ditau lagu itu terdiri dari beberapa bagian, contohnya Intro lagu, chorus dan reff. Semua bagian itu terdiri dari beberapa pengulangan birama, kalau dalam istilah audionya disebut LOOP.
Nah dalam software anda harus menggunakan fasilitas Looping ini. Ini dimaksudkan untuk menghemat,mengifisienkan proses agar bagian yang sama dalam lagu tak mesti diulang lagi. Proses ini dalam software disebut LOOPING
anda bisa menggunakan teknik ini, untuk lebih mengifisienkan proses rekaman anda.