Musik

Tak ada yang tau pastinya kapan musik tersebut ada dan dimainkan manusia. Menurut referensi-referensi tentang sejarah dan perkembangan musik di Eropa dan Amerika. Musik telah dibagi dalam beberapa tahapan jaman tertentu seperti Zaman Barok, Classic, Modern hingga sekarang. Di Amerika musik R & B dan Blues semula berasal dari tradisi para peladang dalam menghibur diwaktu senggang. Tiada iringan dari alat musik tertentu sampai berkembang dalam iringan instrumen seperti gitar dan perkusi.
Musik itu sendiri memiliki banyak fungsi dari dahulu hingga sekarang. Di zaman dulu musik sering digunakan sebagai alat ritual sebagai tanda hubungan manusia dengan alam dan Pencipta. Suku Aborigin di Afrika misalnya, mereka mempunyai musik yang sangat mistis dan agung, mereka menggunakan alat tiup untuk menambah sakralnya pertemuan dan perenungan. Di negara kita pada wilayah Nusantara, sampai sekarang telah banyak ditemukan musik-musik tradisional hingga Klasik.
Ada sebagian orang yang memisahkan antara bunyi dan musik. Jika mereka berdasar pada teori modern yang ada, bunyi tak semuanya dianggap sebagai musik. Mereka mengambil dasar dari frekuensi-frekuensi tertentu yang telah ditetapkan. Tapi ada juga yang berpendapat pada pengembangan musik itu sendiri, dimana wilayah frekuensi pada nada tak bisa dibatasi hanya pada pengetahuan tertentu saja. Inti dari musik melahirkan harmonisasi dan memiliki pesan-pesan dan nilai-nilai yang tergambar pada kehidupan manusia.
Jika ada yang mampu mentrasformasi bunyi, misalnya orang mengetuk palu menjadi suatu kesatuan bunyi dengan lainnya, tentulah mempunyai tujuan estetika tertentu. Saya memilih dan memilah hal tersebut tergantung pada kondisi yang saya alami sebagai subjektifitas seni. Musik itu sendiri merupakan suatu kumpulan gelombang yang mempunyai wilayah matematis tertentu. Musik juga adalha bagiian dari seni yang tentu berada pada wilayah estetika dan subjektifitas pemain dan pendengar.
Telah banyak di masa ini ditemui Kelompok atau individu yang memainkan dan memadukan musik dan bunyi. Ada juga yang mengambil dari nilai-nilai tradisional setempat dan mengembangkannya menjadi suatu terjemahan musik baru lagi. Jika hal itu terjadi makam musik akan hidup dan dapat menginspirasi kehidupan,,,Sekian Suhud Madjid

No comments:

Post a Comment

Thanks and thanks for all