Beberapa Catatan

Selalu saja ada yang membuat kita tiba-tiba merasa sama dan berbeda. Kadang pun pikiran tak bisa dan tak usah juga berusaha kita tebak. Agenda berjalan dan melihat panorama memang penting untuk seorang dan sepasang manusia. Sepertinya Pisang Epe di pantai yang terkenal dengan Matahari terbenamnya tak begitu membuat kita merasa sangat romantic. Begitulah senantiasa pikiran saya jika pun bersama dan berusaha mendalami setiap waktu bersama.
Siapa jua yang tak berusaha membahagiakan siapa…Malam-malam yang dilalui telah mengalami beberapa pancaroba yang selalu saja berbeda setiap saatnya. Saya senantiasa berusaha memahami selera sesuai dengan keadannya. Pikiran dan angan itu memang kadang menipu beberapa kenyataan estetis yang akan kita alami. Hal itulah yang kemudian membuat kita ragu dalam mengambil segala putusan menarik.
Jika hampir saja meghrib menyapa, saya telusuri jalan-jalan macet dipenuhi para pekerja kota yang sedikit kacau denga tatanya. Jalan di depan kantormu pun selalu dipenuhi dengan debu dari jalan yang rusak akibat kendaraan dan hujan. Tiba-tiba saja beberapa pemuda di sekitar tempat itu, mengambil moment yang tepat untuk menjadikannya objekan menarik dari simpati orang-orang yang lewat. Entah pikiran yang berbeda atau memang telah seragam semua. Beberapa media memang sangat mempengaruhi dan tak sadar telah membatasi kita dengan beberapa kenyataaan lain. Wacananya telah menggaris pikiran kita, kemerdekaan pun menjadii mustahil lagi untuk direbut.
 Dari segala tempat yang telah terdatangi dan didalangi, ada beberapa memang sangat berkesan dan menarik buat saya. Saya sekarang ini sudah pun hamper menghampiri sederhana dalam berpandangan tentang yang sejenis dengan wisata dan rekreasi. Perjalanan yang dipenuhi dengan sikap politik bisa saja menempatkan kita tiba berada di ujung keraguan yang dalam. Beberapa keraguan memang selalu ada, keraguan saya hanya pada kesetiaan akan keadaaan. Saya senantiasa mempertanyakannya jika sendiri berjalan mencari jalan untuk bertemu dikau dipersandingan.
Apa yang orang tau tentang dirimu dan diriku. Manusia memang selalu tak lepas dari beberapa referensi pada beberapa kehidupan lalu, lalu merperkirakannya sehiingga bisa membuatnya khawatir tentang segala masa depan. Jika seperti pemain music dalam suatu orchestra, beberapa violis memainkan nada yang sama dalam wilayah yang berbeda. Ada juga beberapa pianis dan cello yang memasuki perbedaaan lain dalam medan bunyi itu, jika begitu maka akan terjadi harmonisasi yang melahirkan nuansa. Suhud Madjid

No comments:

Post a Comment

Thanks and thanks for all