Mengapa Bermusik dan berteman…


Salah satu fungsi musik yang kadang kita tak menyadarinya adalah sebagai media komunikasi. Banyak sudah peristiwa sejarah yang membuktikan fungsi music tersebut.  Suatu waktu, film kolosal china tentang perang kerajaan pada masanya pernah bercerita… Film itu berkisah bahwa bagaimana lobi-lobi perang, kapan perang dimulai diawali dengan tradisi  antara para pimpinan/jenderal masing-masing kubu. Mereka kemudian menyelingi pertemuan dengan bermain kecapi, nyaris tanpa kata hanya dinamika pada petikan kecapi itu yang menandai tingkat perasaan dan logika masing-masing jenderal.
Fungsi music di zaman yang lebih lama lagi, adalah media untuk merenungi semesta. Ritual-ritual adat tertuang dalam perpaduan bunyi dan kata. Di wilayah kita, tentu anda sering mendapatinya walau untuk menikmatinya anda perlu kepelosok-pelosok yang nyaris belum terjamah.
Terlepas dari beberapa pakem yang telahpun ditemukan manusia, sebagai musisi anda dituntut untuk lebih mengeksplor/mencari nada-nada yang mewakili setiap nuansa yang sangat berkesan pada hidup. Tradisi manusia adalah mencari dan menginovasi agar dapat sinkron dengan lingkungan.
Sebagai alat komunikasi, musik yang diinginkan seharusnya mengambil dari moment-moment kebersamaan yang terwakilkan dalam nada. Jika anda belum mengerti tentang nada atau teori-teori lain dalam music, mari mengenalnya langsung dan merasakan perbedaaannya. Jika anda pernah bermain music bersama, anda akan merasakan nuansa kebersamaan yang tentu berbeda jika anda berkomunikasi sperti biasanya. Kali ini kita akan berkomunikasi  melalui nada dari teman 1 ke teman yang lainnnya.
Temuan-temuan lama tentang music itu sendiri tak boleh terabaikan. Dari mulai belajar teori music hingga bagaimana teknik bermainnnya. Teori music dan teknik bermain tersebut hanya sebagai patokan untuk mencapai kesantunan bermusik. Musik anda akan terdengar kacau jika anda tidak memperhatikan kaidah-kaidah tersebut.
Setelahnya music itu sangat menyenangkan dan romantic, anda akan terbawa pada suatu peristiwa yang pernah dan bahkan belum pernah anda dapati. Suatu refleksi individu tercipta di dalam medan nada tersebut.
Saya pun mengusulkan untuk menggunakan “Music sebagai media komunikasi dengan teman”.

No comments:

Post a Comment

Thanks and thanks for all