Tips Menghilangkan Pha Pada Vokal

Kita sering mendapati kasus ini pada micrphone take yang tak terlalu peka menangkap frekuensi dan tidak juga memakai penyaring suara. Suara phaaaa pada vokal biasanya terjadi pada saat ada kata yang memaksa lidah dan mulut seorang vokal untuk cenderung mendorong udara ke luar hingga micrphone menangkapnya dengan tanpa saringan/filter frekuensi yang mumpuni.
Keadaan ini sebenarnya sulit mengatasi dengan maksimal jika kondisi microphone anda kurang peka terhadap frekuensi. Biasanya micophone yang di jual murah lebih peka pada frekuensi low sehingga cenderung lebih menonjol suara phanya.
Anda juga dapat mengatasi hal tersebut dengan menggunakan saringan suara. Sejenis pelindung/filter yang dipasang di depan mulut sang vokalis. Bahannya biasanya berserat seperti gabus dan berlubang-lubang kecil. Gunanya untuk melewatkan frekuensi suara manusia yang lebih tinggi dan menahan frekuensi suara manusia yang rendah/Low.
Jika cara menginput anda kurang tepat, anda juga dapat mengatasinya di bagian prosesing sinyal. Saat pengeditan sinyal di software anda. Buka saja gelombang suaranya kemudian cari bagian Equalizer dan turunkan sedikit frekuensi lownya. Karena suara Pha itu wilayah frekuensinya pada low frekuensi. Terimakasih selamat mencoba TicTac Pro

No comments:

Post a Comment

Thanks and thanks for all