Aktifitas Manusia dan Pemanfaatan Teknologi


Data dan informasi sangat erat kaitannnya dengan manusia dan lingkungannya. Keduanya diyakini menjadi dasar ilmu pengetahuan modern. Bahwa semua aktifitas manusia adalah bagian dari kebudayaan, peradaban. Kegiatan pendokumentasian atau pengambilan data haruslah dirancang dan dilakukan sedemikian rupa agar bisa bermanfaat bagi manusia.
Tak ada yang tau persis kapan semua ini bermula. Kebermulaan itu adalah dasar dari apa yang berkembang sekarang. Telah berkembang di tengah masyarakat teknologi berbagi data dan informasi yang disebut internet. Kini anda bisa terhubung hampir kesegala penjuru. Tak seperti media-media lainnya seperti koran, majalah, tv atau radio, Internet cukup menyediakan beberapa kemudahan dan sifatnya yang tak esklusif, bisa dibilang cukup terjangkau.
Ilmu pengetahuan modern memiliki beberapa metode tertentu yang paling inti pada pendokumentasian proses kerja seharinya. Mari kita beralih sejenak dan tidak membahas internet yang heboh itu. Sejak ditemukan dan berkembangnya, komputer” dalam hal perancangan, manusia sangat terbantu dengan keadaan itu. Seorang perancang baju harus menuangkan ide designya pada sehelai kertas dan melakukan penyempurnaan di komputer. Hal itu dilakukan untuk lebih merealkan gagasannya. Ia (Perancang baju) bisa membuat ilustrasi bergerak seorang model di catwalk menggunakan beberapa software animasi dan video. Ia juga dapat melakukan kegiatan promosi produknya dengan teknologi itu. Teknologi memang diciptakan untuk mempermudah kegiatan manusia.
Studi-Studi perancangan akan melalui kegiatan analog hingga digital: Dari menggambar ide pada sehelai kertas menggunakan goresan-goresan hingga melakukan tingkat ketelitian yang tinggi pada komputer sehingga output bisa mendekati dengan ide nyata seseorang. Pada bidang musik, para musisi sangat tertolong dengan itu. Mereka bisa merancang suatu musik dengan bantuan sistem digital. Dengan kehadiran Music Instrument Digital Interface (MIDI) mereka dapat menghadirkan drum, gitar, dll pada musiknya tanpa memerlukan banyak pemain. Setelah itu barulah mereka melakukan latihan yang sebenarnya, itupun tetap menggunakan bantuan beberapa teknologi tersebut. Yang paling mempermudah dalam pembuatan karya musik adalah’ anda dapat mengetahui range frekuens/nada seseorang atau instrument dengan melakukan analisis pada suatu software komputer. Begitulah juga dengan kegiatan lainnnya.
Setelah melakukan tahap produksi anda seharusnya memerlukan tahap promo. Kegiatan promo itu adalah aktifitas berbagi/share agar semua orang mengetahui tentang kegiatan anda. Anda memerlukan beberapa media untuk merealisasikan rencana, seperti tv, koran, majalah, radio dan internet. Beberapa media tersebut  tentu memiliki fungsi dan kelebihan masing-masing. TV misalnya: Berbagai stasiun televisi telah ada dikehidupan kita. Hampir semua orang telah pun mengaksesnya. Ketika anda masuk di TV anda akan segera terkenal sebagai seleb apapun jenis kegiatannya. Namun tidak semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah, anda perlu membayar kompensasi tertentu karena mereka (pengelola tv) hidup dari aktifitas promo tersebut. Begitu juga dengan koran, majalah, radio  terkecuali dengan internet.
DESIGN

Saya ingin membuat meja robot, suasana nyaman  dan aman serta unik akan dihadirkan oleh design meja tersebut.



Di gambar di salah satu software menggambar namanya : CORELDRAW
Orang mengenal CorelDraw sebagai software untuk design dan menggambar atau kegiatan layout lainnya. Jadi apapun bidangnya yang jelas terkait dengan aktifitas menggambar, layout anda bisa mengguanakan CorelDraw. Jenis ini merupakan software berdimensi 2, untuk sesuatu yang  berdimensi 3 anda cukup memanipulasi dengan teknik-teknik perpspektif yang sudah ada dan telah dipelajari.
Kegiatan pertukangan erat sekali dengan kegiatan design menggunakan media gambar sketch atau sejenisnya. Gambar meja di atas telah mengambil 50 % perspektif tentang peristiwa sebanarnya atau ide yang sesungguhnya. Betapa imajinasi dan kegiatan menuangkan imajinasi dalam bentuk gambar, analisa mengarah ke konstruksi sangat penting. Sebab begitulah sekiranya peradaban akan menjadi beda pada masanya.

Beberapa IDE-IDE Brilian

Masuk akal atau tak masuk akal alias imposible. Seorang arsitek ingin membangun rumah tak seperti biasanya, seperti misalnya rumah menyerupai dalam gambar kartun seperti terlihat pada gambar di bawah:

Jika diperhatikan tampak depan rumah seperti bendera yang tertiup angin, tentu anda akan mendapati masalah pada konstruksi.Tapi coba anda membuatnya sedikit teliti dan mengambil prinsip dasar dari rekayasa. Jika pernah mendengar bagaimana digital itu terjadi, dari gelombang analog menjadi segi empat. Tahap sampling namanya.



No comments:

Post a Comment

Thanks and thanks for all