Peluang Perusahaan Rekaman Musik

Dengan biaya 300.000 per lagu/shift"

Industri rekaman rumahan diperkirakan akan berkembang seiring dengan banyaknya kebutuhan akan apresiasi terhadap seni musik. Lantas anda bertanya, mengapa mesti mengeluarkan cost/dana untuk sebuah lagu saja.
Jawabannya:
Setiap orang butuh ruang untuk beraspresiasi, salah satu ruangnya adalah musik atau industri rekaman. Dengan terjangkaunya instrument2 rekaman, membuat berjamurnya industri rekaman rumahan. Dengan biaya seadanya, anda dapat membuat musik yang cukup bersaing dengan perusahaan besar lainnya.
Kata-kata yang mesti diedarkan harus memuat tentang keterangan usaha anda, pada diskusi ini adalah industri rekaman musik. Dengan berbekal seperangkat perangkat keras audio dan perangkat lunak serta sumber daya manusia yang mumpuni, anda dapat membuat suatu perubahan dalam bisnis. Umumnya industri ini berkembang di kota-kota berkembang. Dengan mengalirnya informasi tentang dunia hiburan, anda pun dapat merasakan langsung dampaknya.
Idealnya, secara teknis rekaman membutuhkan beberapa item untuk mendapatkan kualitas audio yang layak dengar. Jika anda mematok pada standar alat yang dipakai pada studio-studio besar, anda akan kesulitan dari segi pendanaan.

1. Hardware yang mumpuni
2. Perangkat lunak (Software)
3. Sumber daya manusia yang handal

Kalau saya diminta untuk memilih, sayapun akan lebih memetingkan pada sumber daya manusia yang mumpuni. Betapa tidak jika saja anda mendapati suatu alat yang bagus, jika anda tidak mengerti anda tak akan mampu menggunakannya secara maksimal.
Di Makassar sendiri, banyak juga industri rekaman yang dulunya berjaya, sekarang sudah dalam tahap kebangkrutan. MAsih ingat dengan nama studio di kota ini seperti:
.1 Studio 52
2. Studio Star dll
Tapi sebenarnya mereka agak sulit bersaing di kota kedua di negeri kita.Kendala sumber daya untuk pemasaran sangat memiliki peran penting dalam industri. Aktifitas ekonomi harus digalakkan agar semuanya tak ada yang terlalu lapar hingga melahirkan orang-orang yang lapar.